Presiden Jokowi Lantik Anggota Kompolnas 2020-2024

Buserbhayangkara.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo pada Rabu, 19 Agustus 2020, melantik sembilan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) masa bakti 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta.

Pengangkatan anggota Kompolnas ini dituangkan dalam surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional. Keppres ini ditetapkan pada tanggal 11 Agustus 2020.

Adapun anggota Kompolnas yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo tersebut ialah:

1.Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mewakili unsur pemerintah sebagai Ketua merangkap anggota


2.Menteri Dalam Negeri mewakili unsur pemerintah sebagai Wakil Ketua merangkap anggota;


3.Menteri Hukum dan HAM mewakili unsur pemerintah sebagai anggota;


4.Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si., mewakili unsur pakar kepolisian sebagai anggota;


5.Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., mewakili unsur pakar kepolisian sebagai anggota;


6.Dr. Albertus Wahyurudhanto, M.Si., mewakili unsur pakar kepolisian sebagai anggota;


7.Yusuf, S.Ag., M.H., mewakili unsur tokoh masyarakat sebagai anggota;


8.H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H., mewakili unsur tokoh masyarakat sebagai anggota; dan


9.Poengky Indarti, S.H., LL.M., mewakili unsur tokoh masyarakat sebagai anggota.


Nama-nama yang mewakili unsur pakar kepolisian dan tokoh masyarakat di atas (bersama sejumlah nama lain) sebelumnya diajukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Kompolnas yang diketuai oleh Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si., untuk kemudian ditambah dengan tiga nama yang mewakili unsur pemerintah. Pansel Kompolnas tersebut dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 2/M Tahun 2020 yang terdiri atas sembilan anggota.

Selanjutnya, para anggota Kompolnas yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo hari ini akan bertugas untuk membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) serta memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah tamu undangan terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung (RED /Setpres)

ALLY BUSER

Next Post

Polda Banten Musnahkan 303 Kg Ganja Jaringan Narkoba Antar Provinsi

Wed Aug 19 , 2020
Buserbhayangkara.com, BANTEN – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Banten, menggelar pemusnahan barang bukti Narkotika jenis ganja kering, seberat 303 Kg yang dibungkus dengan menggunakan lakban warna coklat, di Halaman Polda Banten, Rabu (19/8/2020) Pukul 09.00 Wib. Kapolda Banten Irjen Pol. Drs. Fiandar yang memimpin kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba didampingi […]

You May Like

Recent Posts